Questbook

Monday 11 May 2015

Sulit Dapat Pacar? Bisa Jadi Anda Memang Miliki Gen Jomblo


Menemukan pasangan tidak selalu mudah bagi semua orang. Ada yang bisa mendapatkan kekasih baru hanya dalam hitungan bulan, sementara yang lainnya menjomblo hingga bertahun-tahun bahkan ada pula yang selama hidupnya belum pernah berpacaran.
Seperti yang dikutip dari terselubung.in, Sulit atau mudahnya seseorang memiliki kekasih ternyata tidak hanya tergantung pada penampilan fisik atau kepribadian. Jika Anda bertanya-tanya mengapa selalu menjomblo, sedangkan teman-teman di sekitar sudah berpasangan bahkan menikah, mungkin masalahnya ada pada DNA Anda.
Sejumlah ilmuwan baru-baru ini mengidentifikasi adanya ‘gen jomblo’ pada DNA manusia. Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka yang memiliki gen ini 20 persen lebih besar kemungkinannya untuk menjadi lajang ketimbang orang lain.
Orang dengan gen jomblo ini kadar serotoninnya –hormon yang memunculkan rasa bahagia– lebih sedikit, sehingga ia merasa kurang nyaman saat berhubungan asmara dengan orang lain. Akibatnya ia cenderung sulit menemukan pasangan atau tidak bisa mempertahankan hubungannya dalam waktu lama.
Penemuan ‘gen jomblo’ ini didapat setelah para ilmuwan dari Peking University, Beijing memeriksa sample rambut dari hampir 600 responden di China. Sample digunakan untuk menganalisa gen yang disebut 5-HTA1, dan terbagi menjadi dua versi; ‘G’ dan ‘C’. Versi ‘G’ diidentifikasi sebagai gen 5-HTA1 yang membuat orang cenderung menjadi single ketimbang versi ‘C’.
Dari pengelompokan itu, diketahui partisipan yang memiliki gen 5-HTA1 versi ‘G’ 60 persennya menjomblo. Sementara kelompok ‘C’ hanya 50 persen. Setelah dianalisa terungkap bahwa gen ini membuat tubuh lebih sedikit memproduksi hormon serotonin yang memengaruhi mood dan rasa bahagia. Orang dengan gen versi ‘G’ ini juga diketahui cenderung sulit dekat dengan orang lain, serta lebih rentan menderita depresi dan gangguan emosional.
Seperti yang dimuat dalam jurnal Scientific Reports, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian menulis, “Gen ‘G’ ini membuat orang mudah merasa pesimis dan menderita gangguan emosional sehingga berpengaruh pada kualitas dan stabilitas mereka dalam menjalin asmara. Hal ini juga menurunkan potensi untuk mendapatkan teman kencan dan memicu kegagalan dalam hubungan.”
Penelitian ini menunjukkan bukti bahwa faktor genetik bisa menentukan kemampuan seseorang dalam berhubungan sosial, dalam konteks tertentu yakni hubungan asmara. Namun perlu diingatkan bahwa gen hanya salah satu faktor saja. Pengaruhnya pun kecil, hanya 20 persen. Dr Pam Spurr yang seorang pakar percintaan menekankan agar jangan sampai membiarkan gen yang mengatur kehidupan percintaan kita.
“Saya tahu bahwa fakor genetik memang bisa memengaruhi kepripadian dan perilaku manusia tapi kita selalu punya pilihan. Jika gen tertentu membuat seseorang sulit dekat dengan orang lain, maka saya percaya mereka bisa belajar bagaimana berinteraksi dengan lebih baik dan membuat mereka lebih sukses dalam mencari cintanya,” tutur Dr Pam.
Bagi Anda yang mungkin memiliki gen ‘G’ tersebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak lama-lama menjomblo. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari She Knows:

1. Perluas Link Pertemanan
Jika Anda selalu datang ke tempat yang sama dengan kelompok teman yang sama pula, akan sulit untuk menemukan pasangan ideal yang Anda cari selama ini. Cobalah lakukan hal yang berbeda, atau pelajari hobi baru. Perluas lingkaran pertemanan Anda dengan mengikuti sebuah kegiatan atau datang ke pesta. Menghubungi teman lama yang sudah jarang bertemu, juga bisa membantu Anda menemukan suasana dan tentunya teman-teman baru.

2. Lakukan Berbagai Kegiatan
Tugas kuliah atau pekerjaan kantor, tak jarang menyita waktu Anda untuk lebih mengeksplorasi dunia luar. Apabila Anda menghabiskan seharian penuh di kantor, dan hanya bermalas-malasan di rumah saat akhir pekan sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Buatlah jadwal ‘Me Time’ seperti pergi ke salon, atau ke gym yang dapat membuat penampilan makin cantik. Setelahnya, habiskan waktu berjalan-jalan sendiri atau dengan teman wanita agar peluang menemukan si cinta baru makin besar.

3. Ubah Pola Pikir
Setiap wanita pastinya memiliki kriteria pria masing-masing sebelum menentukan pilihan. Namun, terlalu pemilih juga akan membuat Anda lama menjomblo. Jika ada pria baik mendekati, namun tidak memiliki beberapa poin dalam daftar, tak ada salahnya Anda mencoba membuka hati. Cobalah jangan terpaku dengan kriteria itu.

4. Jangan Menutup Diri
Trauma dengan hubungan masa lalu bisa membuat wanita enggan membuka hati untuk pria lain. Sakit hati yang berlebihan dapat menyebabkan Anda menjadi wanita yang ‘tertutup’. Coba sadari dan percaya bahwa suatu saat ada pria baik yang akan mendampingi Anda. Maka dari itu, jangan menutup diri dan perluas jaringan pertemanan untuk menemukan pria yang terbaik. Jika tidak pernah mencoba maka Anda tidak akan mendapatkan kekasih baru.

5. Jangan Terlalu Dipikirkan
Meskipun Anda berstatus single, jangan buat diri sendiri menjadi tertekan dengan status tersebut. Justru beberapa hal baik datang ketika Anda tidak terlalu mengharapkannya. Terlalu fokus pada gebetan yang tak kunjung memperhatikan Anda juga dapat membuat stres. Cobalah untuk santai dan nikmati hidup Anda sampai akhirnya bertemu dengan orang yang tepat.
| Klik Disini Untuk Comment Pengguna Facebook
0 | Klik Disini Untuk Comment Pengguna Blogger

0 komentar :

ARCHIVE BLOG