Questbook

Friday 1 May 2015

Cara membuat mikroskop digital dengan bantuan smartphone

cara membuat mikroskop digital sederhana
Seorang mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Missouri, di Amerika Serikat berhasil membuat sebuah mikroskop digital sederhana dari bahan-bahan yang harganya diklaim tidak lebih dari seratus ribu rupiah, plus bantuan kamera smartphone.
Daniel Miller, mahasiswa yang merancang mikroskop tersebut, menggunakan barang yang mudah diperoleh seperti mur panjang dan baut, papan triplek tebal, papan plexyglas, lampu senter mini, serta lensa yang diambil dari bagian laser pointer untuk membuat mikroskop rakitan tersebut. Dibawah adalah video tentang cara pembuatan mikroskop tersebut.
Miller mengklaim mikroskop digital sederhana buatannya mampu memperbesar gambar objek hingga 175 kali dan dapat diperkuat hingga 400 kali perbesaran dengan menggunakan 2 lensa laser pointer yang disusun secara bertumpuk. Miller membuat dan menggunakan desain mikroskopnya dilaboratorium Biologi tempat dia melakukan tugasnya sebagai asisten dosen.

Alat dan bahan

bahan untuk membuat mikroskop sederhana
Untuk membuat mikroskop tersebut diperlukan bahan berupa 1. Mur panjang, 2. Bantalan ring, 3. Baut, 4. Baut sayap, 5. Lensa dari laser pointer, 6. Senter mini, 7. Papan triplek tebal, dan 8. Papan plexyglas.
alat untuk membuat mikroskop digital sederhanaSedangkan untuk alat yang diperlukan adalah 1. Bor, 2. Marker/spidol, 3. Mata bor, 4. Penggaris, dan 5. Tang

Langkah pembuatan

langkah kerja membuat mikroskop digitalBongkar laser pointer untuk mengambil lensanya. Gunakan tang dengan ujung lancip untuk membuka container lensa sebagaimana dalam gambar diatas. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak bagian lensanya.
cara merakit mikroskop sederhana
Lubangi papan triplek dan plexyglas menggunakan bor untuk menempatkan mur, rangkai semua komponen seperti pada gambar diatas. Posisi lensa di letakan dalam lubang plexyglas no 1, sedangkan senter mini diposisikan diatas papan triplek. Papan plexyglas no 2 berperan sebagai alas untuk menyimpan sampel. Ketinggian papan plexyglas no 2 untuk mengatur fokus lensa terhadap objek dapat diatur dengan memutar baut sayap.
rancangan membuat mikroskop digital dari handphone
Setelah semua bahan selesai dirakit, posisikan lensa smartphone tepat diatas lensa laser pointer, nyalakan kamera smartphone dan mikroskop-pun siap untuk digunakan. Lampu senter mini digunakan saat cahaya matahari kurang atau saat pengamatan yang memerlukan intensitas cahaya terang.
contoh mikroskop dari handphone
gambar pengamatan mikroskop digital sederhana
Gambar yang dihasilkan dari mikroskop digital sederhana ini cukup menakjubkan, gambar diatas adalah perbesaran dari gambar sel-sel tanaman dapat diamati dengan jelas.

Pemanfaatan untuk media belajar mengajar

Perangkat pengamatan jasad renik ini sangat bagus untuk mendukung proses belajar mengajar terutama disekolah-sekolah yang belum memiliki mikroskop professional. Mengingat harga mikroskop komersial cukup mahal, perangkat sederhana berbiaya relatif rendah ini adalah solusi tepat untuk perlengkapan belajar mengajar ilmu Biologi.

Sumber:http://www.youtube.com/watch?v=KpMTkr_aiYU

| Klik Disini Untuk Comment Pengguna Facebook
0 | Klik Disini Untuk Comment Pengguna Blogger

0 komentar :

ARCHIVE BLOG