Questbook

Sunday 10 May 2015

Cara Membuat Teleskop Bumi Sederhana


Artikel ini akan membahas secara lengkap cara membuat teleskop sederhana. Dikutip Dari stormthecastle.com Artikel ini aslinya berbahasa inggris yang saya terjemahkan agar mudah dipahami. Ada juga tutorial videonya yang tentu memudahkan membuatnya tapi dalam blog ini saya hanya membagikan nya lewat foto dan cara nya saja.
17011401.jpg
teropong sederhana

Membuat teleskop merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Keuntungan pertama yang kita dapat adalah hal ini sangat menyenangkan dan kedua kita bisa mengamati langit malam atau bulan lebih dekat. Dan juga kita tentu akan menghemat uang daripada kita membeli teleskop yang mahal. Teleskop tersimpel yang dapat kita buat
Ada banyak tipe teleskop dan yang paling mudah kita buat adalah dengan dua lensa. Lensa yang besar adalah lensa objek dan yang satunya adalah lensa yang lebih kecil adalah tempat mata kita melihat. Taruh satu lensa di depan mata dan lensa lainnya di depannya lagi. Dekatkan atau jauhkan lensa paling depan hingga bayangan yang kamu lihat menjadi jelas dan itulah titik fokusnya. Dan kamu sudah membuat teleskop sederhana. Yang kamu perlukan adalah tabung yang memudahkan kamu memegangnya dan memfokuskan cahayanya.
17011402.jpg
skema dasar teleskop dua lensa

Kamu bisa mendapatkan lensa yang murah entah dari kaca pembesar atau dari toko online dan sebagainya dan harganya pun pada umumnya tidak terlalu mahal. Aku sarankan kamu mencari lensa cembung diameter 50 milimeter dengan fokus 200 hingga 300 milimeter sebagai lensa utama dan lensa kedua lensa cembung diameter 10 hingga 25 milimeter dengan fokus kurang dari 75 milimeter. Ada beberapa hal yang membuat teleskop kamu menjadi lebih bagus. Pertama, kamu bisa menggunakan bahan yang lebih kuat sebagai tabungnya. Kedua, teleskop ini akan membuat bayangan terbalik. Jika mengamati langit akan terlihat nyaman akan tetapi saat mengamati yang ada di bumi seperti rumah atau yang lainnya tentu tidak enak melihat semuanya terbalik. Ini bisa diakali dengan memakai lensa cekung pada lensa dekat mata bukan cembung.
17011403.jpg
bahan pembuatan teleskop yang siap pakai
Ayo kita buat teleskop
Pada bagian cara membuat teleskop ini aku akan menunjukan tahapannya dengan bantuan gambar. Aku juga punya videonya.
17011404.jpg
bahan dan peralatan
Alat dan bahan
  • dua tabung dari karton atau bahan lain yang lebih keras sekitar 12 inchi, salah satu tabung harus bisa dimasukan ke tabung yang lain. Usahakan diameter tabung lebih besar dari lensanya.
  • dua lensa dengan ukuran dan fokus yang sudah kujelaskan di atas.
  • dua potongan kecil karton kardus.
  • gunting, pensil, pisau pemotong, pewarna dan lem.
Sebenarnya kalian bisa berkreasi sendiri merangkainya. Akan tetapi aku akan memberikan langkah yang mudah. Inilah hal yang perlu kamu lakukan.
17011405.jpg
langkah pertama

Taruh lensa di atas potongan karton kardus. Tandai dengan pensil pada bagian sisi di sekelilingnya. Lakukan hal yang sama pada lensa satunya.
17011406.jpg
langkah kedua

Potong bagian dalam lingkaran pada potongan karton dengan pisau pemotong. Jangan gunakan gunting agar kartonnya tidak terlipat. Usahakan potong sedikit lebih kecil dari ukuran lensanya agar lensanya tidak longgar saat dipasang.
17011407.jpg
langkah ketiga

Masukan lensa ke lubangnya. Ketebalan kartonnya membantu lensa melekat. Untuk memastikannya melekat kuat, gunakan lem seperlunya.
17011408.jpg
langkah keempat

Sekarang potong kartonnya dengan gunting. Untuk lensa objek potong sesuai ukuran luar tabungnya dan untuk lensa tempat mata potong seukuran tabung bagian dalam.
17011409.jpg
langkah kelima

Setelah itu pasang lensanya sesuai dengan tabungnya. Gunakan lem agar tidak terlepas.
17011410.jpg
langkah keenam

Pasang kedua tabung. Sekarang teleskopnya sudah jadi. Geser tabung hingga fokus bayangan tepat dan jelas. Selamat bersenang-senang. Sumber : bukudanartikel.mywapblog.com
| Klik Disini Untuk Comment Pengguna Facebook
0 | Klik Disini Untuk Comment Pengguna Blogger

0 komentar :

ARCHIVE BLOG